TENTANG KAMI
PT KOPNATEL JAYA (selanjutnya ”KOPNATEL”) berdiri dan mulai aktif beroperasi melayani Pelanggan sejak tahun 1997. Usaha KOPNATEL sebagai Kontraktor dimulai pada Bidang Telekomunikasi dengan Pelanggan pertamanya adalah Kerjasama Operasi (KSO) antara PT TELKOM Tbk (Divisi Reg IV – Jawa Tengah & DI Yogyakarta) dengan PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (MGTI), yaitu Sebagai Kontraktor Utama dengan lingkup pekerjaan Survey, Desain, Pengadaan, dan Pembangunan pada Proyek Jaringan Kabel Telekomunikasi di Seluruh Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta sejumlah 308.000 Satuan Sambungan Primer (SSP) senilai US$ 122.900.000 dengan prestasi yang sangat baik. KOPNATEL membentuk konsorsium dengan THIESS Construction bernama ”Kopnatel-Thiess Joint Operation”. Komitmen dan profesionalisme yang dilandasi oleh visi dan misi yang kuat untuk terus maju dan berkembang dari segenap Jajaran Manajemen dan Karyawan mampu membawa KOPNATEL melalui masa-masa krisis ekonomi dengan baik, bahkan semakin membesarkan dan meningkatkan kemampuan Bidang pekerjaan. KOPNATEL mampu melaksanakan pembangunan infrastruktur telekomunikasi jaringan kabel tembaga dan kabel fiber optik.
Dan dimulai tahun 2001, KOPNATEL menambah kemampuannya dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi seluler outdoor dan indoor yang melayani INDOSAT dan TELKOMSEL dengan lingkup pekerjaan yaitu Survey, Akuisisi Lahan, Perijinan, Konstruksi Sipil, dan Pengadaan dan Pemasangan menara seluler dan perangkat M/E. Sampai dengan tahun 2009, KOPNATEL telah membangun menara seluler lebih dari 750 lokasi tersebar di Wilayah Jabodetabek, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Sumatera Utara, Sumatera Bagian Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara untuk seluruh Operator Seluler di Indonesia yaitu TELKOM, INDOSAT, TELKOMSEL, XL, HCPT, SMARTFREN, BAKRIE TEL, AXIS. Sekalipun KOPNATEL adalah sebuah Perusahaan lokal Indonesia dengan SDM lokal dan sumber dana lokal, upaya-upaya yang kreatif, inovatif, dan berkualitas tetap dikembangkan yang semakin meningkatkan intuisi bisnis dan integritas KOPNATEL sebagai sebuah Perusahaan Konstruksi yang kuat dengan produk yang bermutu. Mulai tahun 2008, di bidang telekomunikasi KOPNATEL berinvestasi sebagai Penyedia Menara sewaan (Tower Provider - TP ) untuk seluruh Operator Seluler. Pada tahun 2009, KOPNATEL telah memiliki total 80 menara sewaan dengan proporsi 1:2. Pada tahun 2005, KOPNATEL berperan serta sebagai Investor dan Kontraktor pada PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) pada Proyek Pembangunan Sarana-Prasarana dan Operasional Jalan Toll Cinere – Jagorawi (CIJAGO) dengan panjang 14,7 km. Pada tahun tersebut juga KOPNATEL kembali menambah kemampuannya dalam Bidang Pembangunan Bangunan dan Gedung bertingkat, termasuk pemasangan M/E, sarana lift, interior, penyedia daya listrik (PLN & Genset), dan sarana penunjang lainnya. Melalui anak perusahaan yaitu PT. Petra Noorman Investama pada tahun 2013, menginvestasi Hotel Bintang 3 atas nama Noorman’s Hotel sejumlah 114 kamar yang manajemen pengelolaan oleh Lor In.
VISI & MISI
Mengembangkan dan menghasilkan produk unggul konstruksi Indonesia yang berkualitas dan bermanfaat bagi umat manusia, baik dalam maupun luar negeri. KOPNATEL percaya dan memahami bahwa pembangunan dalam bidang konstruksi dan telekomunikasi harus terus berjalan dan memberikan manfaat kepada setiap manusia dengan memperhatikan keseimbangan alam karena konstruksi dan telekomunikasi adalah perangkat penting yang menunjang hubungan sosial dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. KOPNATEL terus optimis dalam menjalankan bisnisnya dan fokus dalam bidang konstruksi dan telekomunikasi sehingga menjadi Perusahaan konstruksi yang terkemuka, berkualitas, aman, dan bermartabat.
FILOSOFI
Ketergantungan manusia terhadap pengembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan telekomunikasi menjadi suatu kebutuhan yang penting untuk mencapai tujuan yang universal, dan PT KOPNATEL JAYA sebagai mitra dunia.
KEBIJAKAN MUTU
Mengembangkan dan membangun infrastruktur yang berkualitas, aman, dan berguna secara optimal untuk kemajuan Perusahaan dan Para Stakeholder.
PERUSAHAAN YANG BERORIENTASI PADA PELANGGAN
Setiap Pelanggan mempunyai karakter dan kebutuhan yang unik, oleh karena itu KOPNATEL sepenuhnya memberikan jaminan dari pengalaman yang matang, tenagatenaga kerja yang profesional dan ahli dalam bidangnya, dan prestasi-prestasi yang telah dicapai untuk memberikan produk yang terbaik, pelayanan yang memuaskan, kenyamanan yang tidak terlupakan, dan kebanggaan Pelanggan. Untuk itu KOPNATEL telah memiliki standar prosedur kerja (SOP) yang baik berdasarkan sistem ISO 9001:2000 dan telah dikuatkan dengan kepemilikan Sertifikat yang diterbitkan oleh Badan Sertifikasi URS. Selain itu komunikasi antara KOPNATEL dan Pelanggan akan selalu terbuka dan mudah terhubung untuk mengoptimalkan proses pembangunan dalam rangka mencapai hasil yang terbaik.
LINGKUP PEKERJAAN KOPNATEL
KOPNATEL mempunyai kemampuan melaksanakan pekerjaan yang meliputi hal-hal berikut :
• Perencanaan, program, estimasi biaya, dan rekayasa (engineering).
• Manajemen Proyek.
• Manajemen Konstruksi.
• Manajemen Pengadaan.
• Pendanaan.
• Testing dan Commissioning.
Kemampuan KOPNATEL dalam mengintegrasikan seluruh komponen dari lingkup kerja tersebut dalam pelaksanaan suatu pekerjaan dapat memberikan hasil/ produk yang mempunyai diferensiasi terhadap Kompetitor.
BIDANG USAHA
• Kontraktor umum (gedung, jalan, dll.) termasuk fasilitas pendukungnya.
• Penyedia menara telekomunikasi (Tower Provider).
• Designer dan Kontraktor infrastruktur telekomunikasi (jaringan kabel, menara
• Seluler (outdoor), dan indoor coverage).
• Pengurusan dan penyelesaian akuisisi lokasi termasuk pembebasan lahan dan perijinan terkait termasuk untuk perijinan pelaksanaan pekerjaan.
• Suplai dan instalasi system dan perangkat mekanikal dan elektrikal.
• Supplier umum.
• Investasi Toll dan Hotel.
Kami adalah perusahaan kontraktor di bidang telekomunikasi yang kreatif, inovatif dan berkualitas.